Uncategorized

Pedoman Publikasi Ilmiah

Diposkan

Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi sudah menetapkan luaran  dari semua kegiatan penelitian dasar dan peningkatan kapasitas untuk sekurang-kurangnya menghasilkan publikasi. Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Kemenristekdikti memunyai kewajiban untuk memberikan tuntunan, pendampingan, serta insentif kepada dosen dan peneliti sehingga dapat meningkatkan jumlah dan mutu publikasi hasil penelitian.

Peningkatan publikasi hasil penelitian bukan hanya dari sisi jumlah melainkan  mutu jurnal yang mempublikasikan, khususnya di jurnal ilmiah internasional bereputasi. Upaya dari hulu ke hilir dalam siklus publikasi perlu diupayakan dari mulai melanggankan akses ke pangkalan data e-journal guna memperoleh gambaran perkembangan penelitian yang sudah dilaksanakan sebelumnya sehingga tidak terjadi duplikasi kegiatan penelitian. Tidak kalah penting ialah disediakannya pelatihan dan pendampingan publikasi di jurnal ilmiah dan penerbitan buku, bantuan penyelenggaraan konferensi, bantuan biaya seminar luar negeri, serta insentif publikasi llmiah bagi penulis yang naskahnya berhasil diterbitkan di jurnal bereputasi internasional.

Sebagai wadah publikasi, jumlah jurnal yang terakreditasi nasional dan  bereputasi internasional menjadi sangat penting ditingkatkan dengan cara menyelenggarakan pelatihan manajemen penerbitan jurnal elektronik, pendampingan akreditasi nasional dan bereputasi internasional, hibah tata kelola jurnal elektronik, serta insentif untuk jurnal terakreditasi nasional dan terindeks di pengindeks bereputasi.

Oleh karena itu, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada tahun 2017 ini menerbitkan “Buku Pedoman Publikasi Ilmiah” Buku pedoman ini merupakan salah satu upaya agar dosen dan peneliti dapat menghasilkan publikasi sesuai dengan kriteria yang dipersyaratkan dan dapat meningkatkan kuantitas dan mutu publikasi.

Bagi Dosen IKIP PGRI Jember yang ingin mengunduh Buku Pedoman Publikasi Ilmiah melalui link berikut:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *